Jenis-Jenis Anjing Penjaga

Selama berabad-abad, anjing telah memiliki peran sebagai “penjaga”. Mulai dari menjaga anggota keluarga, menjaga rumah, menjaga ternak, maupun menjaga tanah. kebanyakan anjing melakukkan hal ini karena naluri anjing mereka untuk melindungi sesuatu. Tugas-tugas yang mereka lakukan cukup bervariasi. Mereka bisa menjadi anjing pengawas, anjing pelindung, bahkan anjing penyerang.
Anjing pengawas hanya memperingatkan pemiliknya dengan cara menggonggong dengan penuh semangat jika ada sesuatu yang tidak biasa terjadi, contohnya adalah jika ada orang asing yang lewat terlalu dekat dengan rumah pemilik. Atau jika ada penyusup di dalam rumah.
Anjing pelindung melangkah lebih jauh dengan kemampuannya untuk menahan penyusup dan menyerang jika diberikan instruksi dari pemiliknya.
Anjing penyerang lebih ganas lagi. Mereka dilatih untuk langsung menyerang jika ada penyusup yang terlihat. Ada banyak jenis anjing yang bisa dilatih sebagai anjing penjaga, berikut adalah jenis-jenis anjing yang paling sering dimanfaatkan sebagai anjing penjaga:

1. Rottweiler

Rottweiler merupakan anjing penjaga yang cukup besar dan juga merupakan sahabat baik bagi banyak keluarga. Anjing jenis ini adalah anjing penjaga yang baik karena kewaspadaan dan sikap sabar mereka. Mereka biasanya tidak menggonggong kecuali saat mereka melihat bahaya yang mengancam pemiliknya atau bahaya yang mengancam wilayah yang mereka jaga. Anjing jenis ini juga merupakan pembelajar yang cepat karena memiliki sifat berkemauan keras.

2. Doberman

Anjing ini semakin sering digunakan di kekuatan militer dan polisi karena, kecerdasan, ketaatan, sikap mudah dilatih, dan kemampuan mereka untuk menangani penyerang manusia. Meskipun mereka memiliki reputasi sebagai anjing agresif dan ganas, Doberman sebenarnya adalah hewan peliharaan yang penuh kasih sayang, Mereka sangat setia dan bersedia melakukan apa pun yang mereka bisa untuk pemilik mereka.

3. German Shepherd

German Shepherd telah dikenal oleh banyak orang sebagai salah satu anjing penjaga terbaik dan anjing setia. Sifat lembut mereka, terutama terhadap anak-anak, hendaknya tidak disalahartikan sebagai kurangnya kemampuan untuk menjadi anjing yang tangguh. Anjing jenis ini sangat cerdas, patuh, dan mampu menyerang serta mengikuti perintah yang diberikan. Selain itu, mereka juga dikenal karena keberanian mereka dan sifat protektif terhadap pemilik mereka.

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

Powered by Toko Binatang