Ciri-Ciri Anjing kena Cacingan

Cacing pada anjing sangatlah mencemaskan bagi para pencinta anjing. Karena cacing yang bertumpuk di dalam tubuh anjing sangatlah mematikan. Oleh karena itu kita harus memperhatikan penyakit tersebut pada peliharaan kita, terutama pada saat anjing masih kecil, karena ketika di kandungan anjing sudah terdapat telur-telur cacing di dalam plasentanya. Sehingga anak anjing lebih banyak yang terkena cacing anjing dibanding dengan anjing dewasa.

Penyakit cacing anjing ini sering juga disebut anjing cacingan. Anjing yang terkena cacingan memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

  1. Perut besar
  2. Bulu kusam dan rontok
  3. Makannya banyak
  4. Tak bergairah

Kita harus mencegah cacing anjing atau anjing cacingan agar tidak terjadi pada anjing kita. Karena cacing anjing penyakit yang berbahaya pada anjing. Berikut beberapa cara untuk mencegah cacing anjing :

  1. Pemberian obat cacing sejak anjing berumur beberapa minggu. Hal ini sangatlah penting karena anjing yang masih kecil sangatlah mudah terserang penyakit ini.
  2. Pemberian obat cacing yang berkala. Anjing jangan hanya diberi obat cacing sekali saja. Tapi harus diberi terus menerus dengan jangka waktu 2 minggu sekali.
  3. Memberi makanan yang bergizi pada anjing. Karena kalau fisik anjing sehat maka penyakit tidak akan mudah masuk.
  4. Selalu menjaga kebersihan anjing. Anjing yang terkena cacingan biasanya anjing-anjing yang agak kotor. Kurang dijaga kebersihannya sehingga cacing mudah masuk.
  5. Memberi vitamin pada anjing. Hal ini dilakukan agar daya tahan tubuh anjing terjaga. Hingga tidak mudah sakit, termasuk cacingan.

Berapa dosis obat cacing anjing yang harus diberikan pada anjing yang terkena cacing anjing itu tergantung dari berat badan anjing bukan dari umur anjing. Berbeda dengan manusia yang pemakaian obat dilihat dari umur. Obat anjing dapat dibeli di toko-toko penyedia kebutuhan peliharaan seperti pet shop. Contoh obat cacing yang tersedia yaitu Drontal plus yang di produksi oleh bayer. 1 tablet Drontal plus diberikan untuk setiap 10 kg berat badan anjing. Anjing yang memiliki berat badan sekitar 1-5 kg cukup diberi ½ tablet saja, kalau 6-10 dapat diberi 1 tablet Drontal Plus, dan seterusnya. Sedangkan untuk anjing yang memiliki berat badan di atas 40 kg hanya diberi 4 tablet Drontal Plus, Karena batas maksimum pemberian obat ini adalah 4 tablet.

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

Powered by Toko Binatang