Membantu Anjing Melahirkan

Mari-yamakoshi

Ketika anjing Anda akan melahirkan, cobalah untuk tidak khawatir. Lebih dari sembilan puluh delapan persen anjing melahirkan tanpa bantuan atau komplikasi. Tapi bila Anda khawatir tentang masalah anjing melahirkan, berikut beberapa hal yang harus diketahui dalam proses pertolongan kelahiran anjing Anda :

• Kehamilan pada anjing berlangsung selama 63 hari (56–69 hari). Belilah sebuah termomer, dan letakkan di bagian dubur anjing. Biarkan di sana selama kurang lebih tiga menit. Suhu anjing Anda harus antara 101 sampai 102,5 derajat Fahrenheit.

• Ada banyak tanda-tanda anjing yang akan segera melahirkan. Dia akan menjadi gelisah, mulai terengah-engah, dan buang air kecil lebih sering, suhunya biasanya akan turuh di bawah 100 derajat Fahrenheit. Jika hal itu terjadi, maka ia akan melahirkan dalam waktu kurang dari dua puluh empat jam.

• Untuk memulainya, pastikan induk anjing berada di tempat yang kering. Selama tahap pertama persalinan, leher rahim akan mulai membesar dan kontraksi uterus dimulai. Kontraksi ini menyakitkan dan membingungkan untuk anjing. Anjing mungkin tidak akan mau makan, beberapa anjing mungkin akan mengerang terus-menerus. Kontraksi ini biasanya akan berlangsung selama 6-18 jam. Setelah itu, leher rahim akan melebar sepenuhnya untuk mengeluarkan anak anjing.

• Selama tahap kedua persalinan, kontraksi rahim mulai terjadi. Ketika tahap ini berlangsung, kantong air plasenta dan cairan hitam kehijauan akan keluar. Plasenta dikeluarkan setelah setiap anak anjing lahir. Anak anjing biasanya muncul setiap setengah jam atau lebih, setelah 10-30 menit sang induk berusaha keras mengeluarkannya. Setelah anaknya lahir, biasanya induk akan menjilati anaknya. Jilatan ini akan merangsang anak-anak anjing untuk bernafas dan meningkatkan sirkulasi darah mereka.

• Tahap ketiga persalinan adalah saat dimana semua anak anjing telah lahir, di sini saatnya Anda membersihkan semua sisa plasenta, darah dan cairan lainnya. Anak anjing yang lahir biasanya masih tertutup oleh membrane amnion mereka. Membrane ini harus dihilangkan dari wajah anak anjing agar mereka bisa bernapas. Robek membrane dan hilangkan lender dari wajah, mulut, dan hidup anak anjing dengan handuk lembut, lalu potong tali pusarnya satu inci dari pusar mereka.

Ibu dan anak anjing perlu diperiksa ke dokter hewan dalam waktu 12 jam. Hal ini, untuk menjamin tidak ada anak anjing atau plasenta yang tertahan di rahim. Jika ada yang tertinggal, maka bias mengakibatkan infeksi rahim yang dapt mematikan bagi anjing jika tidak diobati.

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

Powered by Toko Binatang